Penerimaan Proposal Penelitian dan Pengabdian pendanaan DRPM T.A. 2021 akan dilaksanakan pada tanggal 15 - 29 Oktober 2020 (Tidak ada perpanjangan periode mengingat keterbatasan waktu) para peneliti agar melakukan update profile peneliti di Simlitabmas mulai tanggal 9 Oktober 2020

LANSIA DALAM SOROTAN KHUSUS PENCEGAHAN COVID-19 PADA PROGRAM PPM PEMBINAAN UNIB

Tanggal : 2020-06-06 13:21:04

Virus Corona telah menggegerkan dunia, tak terelakkan lagi Indonesia juga terkena dampak dari virus yang mematikan ini. Data kasus COVID-19 di Indonesia pertanggal 14 April 2020 sebanyak 4.839 kasus positif COVID-19, 426 kasus kategori sembuh dan 459 kasus dinyatakan meninggal. Tingginya angka kasus Covid-19 ini menjadi hal yang menghkawatirkan. Penyebaran virus ini melalui droplet atau semburan batuk orang yang terinfeksi virus corona kepada orang lain. Pencegahan telah banyak dilakukan oleh berbagai macam lembaga pemerintahan baik pusat ataupun daerah, LSM, instansi pemerintahan dan relawan. Universitas Bengkulu merupakan lembaga pendidikan yang berada di Provinsi Bengkulu berperan serta dalam pencegahan penyebaran Covid-19 melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) pada pogram Pengabdian Kepada Masyarakat skema Pembinaan. Target pembinaan ditujukan kepada lansia yang merupakan kelompok masyarakat beresiko tinggi tertular virus corona.

Selain lebih rentan terinfeksi virus Corona, lansia juga bisa mengalami dampak yang berbahaya bila terkena COVID-19, terutama lansia yang memiliki penyakit jantung, paru-paru, atau diabetes. Hal ini karena daya tahan tubuh lansia sudah melemah dan kerja organ-organ tubuhnya juga umumnya sudah tidak optimal, bahkan bisa saja sudah mengalami gangguan. Dalam kondisi tersebut, virus akan lebih mudah berkembang biak dan menyebabkan kerusakan, serta memperberat gangguan yang sudah ada.

Lansia yang tinggal di panti jompo juga tidak luput dari resiko penularan virus corona jika mereka tidak memahami bagaimana cara penularan dan upaya pencegahan yang harus dilakukan. Universitas bengkulu melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM UNIB) meluncurkan program Pengabdian Masyarakat Khusus COVID-19 yang ditujukan untuk berpartisipasi dalam upaya pencegahan, penanggulangan dan juga memberikan bantuan sosial kepada lansia yang ada di panti sosial tresna werdha kota Bengkulu.

Salah satu Program Pengabdian Pembinaan dengan judul “Komunikasi, Edukasi dan Informasi: Upaya Peningkatan Kesehatan Masyarakat Beresiko Tinggi Terhadap Penyebaran Virus Covid-19 Di Panti Sosial Tresna Werdha (Pstw) Kota Bengkulu” dilakukan oleh tim dosen UNIB yang terdiri dari Ns. Rina Delfina, S.Kep, M.Kep (Ketua), Ns. Nurmukaromatis, S.Kep, M.Kep (Anggota) dan Umi Salamah, SP, M.Si (Anggota) dan dibantu oleh mahasiswa D3 Keperawatan FMIPA UNIB sebanyak 4 orang ; Fikrah Mardatillah, Dio Kissti, Oktarina dan Meli Haryani Daulay.

Di kota Bengkulu terdapat panti sosial Tresna Werdha terletak di Jl. H. Adam Malik No.9, Jl. Gedang, Kec. Gading Cemp., Kota Bengkulu, Bengkulu yang menampung para lansia tanpa keluarga atau tempat tinggal sendiri. Para lansia tersebut kerapkali melakukan kegiatan ke luar panti tanpa menggunakan alat pelindung diri karena kurangnya pemahaman akan dampak virus corona ini. Pemahaman masyarakat beresiko tinggi ini harus ditingkatkan dengan cara turun ke panti untuk menjelaskan secara langsung kepada sasaran agar tetap memperhatikan upaya pencegahan penularan virus corona. Program yang telah dilaksanakan pada bulan Mei dan Juni 2020 ini yaitu berupa penyuluhan kesehatan tentang upaya pencegahan virus corona, memberikan alat pelindung diri berupa masker, hand sanitizer, serta pembagian sembako untuk meningkatkan daya tahan tubuh lansia. Melalui program ini diharapkan dapat membantu para lansia di Panti Tresna Werdah agar terhindar dari penularan Virus Covid-19 mengingat bahwa posisi panti berada di jalan besar yang banyak lalu lalang orang.