Penerimaan Proposal Penelitian dan Pengabdian pendanaan DRPM T.A. 2021 akan dilaksanakan pada tanggal 15 - 29 Oktober 2020 (Tidak ada perpanjangan periode mengingat keterbatasan waktu) para peneliti agar melakukan update profile peneliti di Simlitabmas mulai tanggal 9 Oktober 2020

Monitoring dan Evaluasi PPM

Tanggal : 2020-10-13 03:11:38

Senin, 28 September 2020 Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Bengkulu melaksanakan kegiatan Monitoring dan Evaluasi Lapangan rute Kota Bengkulu - Bengkulu Tengah untuk memantau perkembangan pelaksanaan Pengabdian Kepada Masyarakat sebanyak  enam tim dengan skema PPM Ipteks dan PPM berbasis Riset. Tujuan kegiatan ini untuk menjaga kualitas kegiatan pengabdian kepada masyarakat.

Tema kegiatan PPM cukup beragam seperti: Pembelajaran daring bagi guru SLTA; Penerapan model realistic mathematics education bagi siswa SD, Pendampingan penilaian hasil belajar siswa menggunakan rubrik bagi guru SD; Pelatihan budidaya ikan gabus bagi kelompok pemuda; Depot sayur murah dan bergizi bagi kelompok tani serta Penerapan teknologi SWT2S untuk fasilitas cuci tangan bagi pengelola pasar.

Kelompok pengabdi pertama yang dikunjungi oleh Tim LPPM dengan tema Depot sayur murah dan bergizi bagi kelompok tani telah melaksanakan panen pertamanya dan dalam waktu dekat akan memanen sayurannya kembali. "Sayur yang disediakan disesuaikan dengan permintaan kelompok tani yang menjadi mitra kelompok pengabdi, yakni Kelompok Tani Melati. Contohnya kangkung, terong, kemangi, dan beberapa sayur lainnya ya pak" Prof. Dr. Ir. Nanik Setyowati, M.Sc. selaku ketua pengabdi menjelaskan kepada Tim reviewer dan pendamping dari LPPM.

Setelah dari kelompok pertama, Tim LPPM masih melanjutkan perjalanannya untuk mengunjungi lima kelompok pengabdi lagi untuk memantau sejauh mana kegiatan yang telah terlaksana. Kegiatan pengabdian dilaksanakan di sekolah dasar di kota Bengkulu, SMAN 8 Kota Bengkulu, Pasar Minggu, hingga di Desa Lagan Bungin Kabupaten Bengkulu Tengah.

Dari enam tim yang dikunjungi hari ini, rata-rata kegiatan PPM tersebut telah 80% terlaksana, meski masih ada kegiatan yang produk kegiatannya belum terselesaikan karena terkendala dengan pengiriman alat pendukung yang belum tiba.

Dengan terlaksananya kegiatan Monitoring dan Evaluasi Lapangan ini diharapkan kualitas program pengabdian yang dilakukan oleh dosen kepada masyarakat luas tetap terjamin kualitasnya.

 


Elys - Subdata dan Program