Selama periode November hingga Desember 2021, LPPM Universitas Bengkulu telah melakukan kegiatan Workshop daring sebanyak 3 kali yaitu Workhop Daring Penulisan Artikel Publikasi pada Jurnal Internasional Bereputasi dan Nasional Terakreditasi, Workshop Daring Penulisan Proposal Penelitian Kompetitif Nasional dan Internasional, serta Workshop Daring Pendampingan Pembuatan Dokumen HaKI (PATEN). Ketiga workshop daring tersebut menyasar seluruh dosen selingkung Universitas Bengkulu yang ingin mengembangkan potensi dan kemampuannya dalam merancang proposal penelitian kompetitif, membuat artikel ilmiah berkualitas, serta membuat dokumen Paten.

Kegiatan pertama pada tanggal 1 November 2021 adalah “Workhop Daring Penulisan Artikel Publikasi pada Jurnal Internasional Bereputasi dan Nasional Terakreditas”. Kegiatan ini dimoderatori oleh dosen muda UNIB dari Jurusan Biologi FMIPA, Dr. Risky Hadi Wibowo, S.Si., M.Si, dan dibuka langsung oleh Wakil Rektor Bidang Akademik UNIB Prof. Dr. Mochamad Lutfi Firdaus, S.Si., M.T., yang sekaligus memberikan kata sambutan. Prof. Lutfi menyampaikan bahwa sangat diperlukan kegiatan kegiatan seperti ini untuk membantu mendongkrak publikasi Universitas Bengkulu pada Jurnal internasional  Bereputasi dan Jurnal nasional terakreditasi, beliau juga mengarahkan untuk memperbanyak berkolaborasi sehingga dapat menghasilkan publikasi bersama dengan kolaborator baik dalam maupun luar negeri. LPPM menghadirkan seorang nara sumber hebat kedalam ruang virtual zoom yaitu Dr. Mohamad Rafi, S.Si., M.Si. selaku Ketua Himpunan Kimia Indonesia (HKI) Pusat. Bapak Dr. Rafi sudah berhasil mempublikasikan hasil penelitian beliau pada jurnal Internasional Bereputasi dan Nasional Terakreditasi (S1 dan S2) lebih dari 20 artikel hanya untuk 2021 saja. Pak Dr. Rafi menyampaikan materi yang sangat menarik, dimulai dari cara mencari ide penelitian, teknik mengumpulkan data, analisis data, sampai bagaimana mengemas hasll penelitian tersebut untuk dapat dipublikasikan pada Jurnal Nasional terakreditasi (Sinta 1 dan sinta 2), Jurnal Internasional Bereputasi, atau diseminarkan pada seminar-seminar internasional, serta tak lupa pula beliau menyinggung tentang ETIKA Publikasi. Penyampaian materi menjadi sangat menarik ketika didukung oleh pengalaman beliau sendiri yang sudah malang melintang pada kancah internasional. Hampir seluruh fakultas mengirimkan wakilnya dalam kegiatan ini, terdaftar sekitar 125 orang dosen mengikuti Workshop ini sampai selesai, diharapkan output kegiatan dapat menghasilkan artikel-artikel dosen yang siap submit.

Adanya trend secara nasional dengan menurunnya jumlah dana penelitian dari DIKTI yang diperoleh oleh beberapa Universitas di Indonesia karena memang terjadinya pengurangan dana penelitian akibat imbasan bencana Covid-19 agak sedikit mempengaruhi mengendorkan semangat para dosen. Untuk membangkitkan semangat para dosen dan me-recharge kembali poin-poin penting yang perlu diperhatikan untuk merancang dan membuat proposal penelitian kompetitif nasional maupun internasioal maka LPPM kembali menyelenggarakan kegiatan “Workshop Penulisan Proposal Penelitian Kompetitif Nasional dan Internasional”. Kegiatan ini menghadirkan narasumber handal Prof. Dr. Saryono selaku Wakil Ketua PBBMI Cabang Riau yang sekaligus reviewer proposal penelitian Nasional. Seperti kegiatan sebelumnya, kegiatan yang dilaksanakan pada tanggal 5 November 2021 ini juga mendapat apresiasi yang tinggi dari dosen selingkung UNIB. Beberapa info serta poin penting dalam menulis proposal kompetitif nasional telah disampaikan secara lugas, tuntas dan jelas oleh Prof, Dr, Saryono. Kehadiran Prof. Dr. Sal Primayudha S, S.Si., M.Si. selaku moderator telah dapat mengarahkan kegiatan dengan baik, output yang diharapkan setelah kegiatan ini adalah dihasilkannya proposal penelitian berkualitas dari  dosen baru maupun dosen senior UNIB yang akan ikut bersaing di level nasional maupun internasional.

Kegiatan dipenghujung tahun ditutup dengan “Workshop Pendampingan Pembuatan Dokumen HaKI (PATEN)”. LPPM Universitas Bengkulu menghadirkan 2 narasumber hebat, narasumber pertama Dr. Tjahja Muhandri, STP., MT. selaku manajer Program Diversifikasi Pangan SEAFAST Center IPB sekaligus Pendiri dan Pengelola Forum Coaching Clinic IKM Pangan Indonesia. Sebagai pemegang beberapa Hak Paten yang sangat potensial di IPB, beliau berhasil memotivasi peserta untuk menganggap bahwa mendapatkan sertifikat Paten bukanlah sesuatu yang sulit, dengan catatan “Produk yang akan didaftarkan Hak Patennya betul betul akan dimanfaatkan oleh industri, kalau tidak hanya akan menjadi beban Universitas saja serta kita harus sabar mengikuti proses pengajuannya” ujar beliau.

LPPM UNIB juga menghadirkan narasumber kedua selaku Pemeriksa Paten Direktorat Jendral Kekayaan Intelektual, Direktorat Paten, Rahasia Dagang dan DTLST KEMKUMHAM RI yaitu Bapak Stefano Thomy Asridarmadi, S.TP., MH., dari Pak Thomy demikian panggilan beliau para peserta mendapatkan materi bagaimana teknik drafting paten. Peserta pada kegiatan ini cukup antusias dan rata-rata adalah peneliti produktif yang memerlukan pengetahuan tambahan terkait seluk beluk Paten. Acara yang berlangsung pada tanggal 7 Desember 2021 ini berjalan dengan sukses yang dimoderator oleh Prof. Dr. Ir. Ridwan Yahya, M.Sc sebagai pemegang Hak Paten pertama di Universitas Bengkulu. Kegiatan yang berlangsung sekitar 3,5 jam ini dibuka secara resmi oleh Ketua LPPM Dr. Ir. Hery Suhartoyo, M.Sc.

Dengan terselenggaranya ketiga workshop diatas, persiapan matang Prof. Dr. Morina Adfa, S.SI., M.Si. selaku sekretaris bidang penelitian LPPM Universitas Bengkulu bersama tim tidak sia-sia. Ketiga workshop berjalan lancar sesuai harapan dan memenuhi target capaian kinerja LPPM Universitas Bengkulu. Semoga dengan adanya kegiatan semacam ini membuat para dosen menjadi lebih produktif lagi dalam menghasilkan jurnal ilmiah, dapat membuat proposal penelitian yang lebih berkualitas dan dapat menghasilkan produk-produk Haki terutama Paten/Paten Sederhana yang bermanfaat bagi masyarakat/industry (IIS-LPPM 2021).